Peringati Isra’ Mi’raj, Bustanul Arifin Harap Terbentuknya Budi Pekerti dan Karakter Siswa

Senin, 08 April 2019

Kab. Pasuruan (MTsN 1 Pasuruan) – Dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 H/2019 M, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pasuruan mendatangkan K.H. Hasyim Asy’ari sebagai pengisi ceramah. 

Acara yang dilangsungkan di Aula madrasah inipun dihadiri oleh Kepala MTsN 1 Pasuruan, Bustanul Arifin, Guru, Staf Tata Usaha dan  seluruh siswa MTsN 1 pasuruan dengan menggunakan baju busana muslim putih. 

Dalam tausiyah ini, K.H. Hasyim Asy’ari mengingatkan, bila pada saat sholat subuh dan Isya’  ramainya seperti saat sholat Jumat. Itu merupakan tanda kemuliaan Allah yang diberikan kepada umat manusia.

Selain kemuliaan dan keutamaan sholat, dalam hal ini berjamaah, sang Dai juga menyampaikan akan kadar keimanan seseorang dalam hal mempercayai yang ghaib, seperti halnya mempercayai dan mengimani peristiwa yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW dalam Isra’ dan Mi’rajnya

Kepala Madrasah, Bustanul Arifin mengemukakan peringatan Isra’ Miraj ini merupakan salah satu bentuk pengupayaan dalam hal pembentukan karakter dan budi pekerti (akhlak) siswa.

“Ini merupakan program rutinitas keagamaan dalam rangka pembentukan budi pekerti (akhlak) dan pastinya karakter siswa,” tegas kepala madrasah.

” Harapannya, budi pekerti siswa-siswi lebih baik dan sholatnya tetap terjaga dengan baik. Sebab amalan yang dihisab (dihitung-red) yang pertama kalinya adalah amalan sholat,  jika sholat kita baik maka seluruh amalan yang lain pun insya Allah ikut baik pula,” imbuh Bustanul diakhir sambutannya.

Dipenghujung acara peringatan isra’ mi’raj, tampilan lagu-lagu islami dibawakan oleh siswa-siswi MTsN 1 Pasuruan yang tergabung dalam tim ekskul Al Banjari Mahabbatur Rasul, salah satu kebanggan ekskul MTsN 1 Pasuruan yang sering menyabet juara dalam festival Al Banjari.

Wakil kepala bidang Humas MTsN 1 Pasuruan, Muthiah menginformasikan bahwa seiring dengan bnyaknya kegiatan di madrasah yang beralamatkan di Jl. Muaer No. 1 ini sejatinya dilaksanakan pada Jumat (5/4) dan kepla madrasahpun baru mengintruksikannya hari ini dalam peliputannya, Senin (8/4). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *